Rek BCA: 2 1 4 0 5 9 4 8 0 9 a/n INDRAWATTY

Shalom. Selamat Datang & Selamat Bergabung Di Web Blog "House Of All Nations". Kami mengundang Bapak, Ibu & Saudara/i yang rindu untuk datang beribadah dan berkumpul bersama pada jadwal kebaktian Kami. Tuhan Yesus senantiasa memberkati kita. Bagi anda yang diberkati oleh warta ini, anda bisa membantu kami berupa dana yang dapat anda kirimkan ke rekening kami di atas.

Jumat, 28 Mei 2010

DAUD DAN GOLIAT


Sebab Daud melakukan kehendak Allah pada zamannya, lalu ia mangkat dan dibaringkan di samping nenek moyangnya, dan ia memang diserahkan kepada kebinasaan. Kisah para rasul 13:36

Daud melakukan kehendak Tuhan pada masa hidupnya sampai akhir hidupnya. Dan orang mengenang apa yang dilakukannya, kesetiaan, dan ketaatannya.

Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu. Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah, dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan Tuhanlah pertempuran dan Iapun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami. I Samuel 17:45-47


Ayat 45
Daud sadar dia bukan prajurit, dia tidak sanggup melwan Goliat yang seorang prajurit terlatih sejak masa muda.

Tetapi Saul berkata kepada Daud: "Tidak mungkin engkau dapat menghadapi orang Filistin itu untuk melawan dia, sebab engkau masih muda, sedang dia sejak dari masa mudanya telah menjadi prajurit." I Samuel 17:33

Sedang kakaknya dan seluruh prajurit Israel takut, juga termasuk Raja Saul dan Yonathan (seorang pahlawan) yang mengalahkan tentara orang Filistin beserta pembawa pedang
Maka naiklah Yonatan merangkak ke atas, dengan diikuti oleh pembawa senjatanya. Orang-orang itu tewas terparang oleh Yonatan, sedang pembawa senjatanya membunuh mereka dari belakangnya. Kekalahan yang pertama ini, yang ditimbulkan Yonatan dan pembawa senjatanya itu, besarnya kira-kira dua puluh orang dalam jarak kira-kira setengah alur dari sepembajakan ladang. Lalu timbullah kegentaran di perkemahan, di padang dan di antara seluruh rakyat. Juga pasukan pengawal dan penjarah-penjarah itu gentar, dan bumi gemetar, sehingga menjadi kegentaran yang dari Allah. I Samuel 14:13-15

Hanya dengan Tuhan semesta alam, Allah barisan Israel baru ia menang. Sebagaimana ia mengalahkan singa dan beruang dengan tangan Allah (I Samuel 17:36), demikian juga dengan orang Filistin.
Walau dia tahu melawan binatang dan prajurit terlatih itu berbeda (karena dengan pedang, tombak, dan lembing) dia tidak dapat mendekati Goliat, bahkan Goliat bisa melemparkan senjatanya.
Karena itu Daud mengandalkan Allah, karena Daud tidak ada tampang prajurit tapi peragawan (I Samuel 16:11&12)

Ayat 46
Hari ini bukan besok. Ini berdasarkan pengalaman melawan beruang dan singa.
“Tuhan” karena dia tahu, tidak mungkin mengalahkan Goliat.
Saat sudah menerima dari tangan Tuhan, dia dapat mengalahkan Goliat dengan cara apapun juga.
Orang melihat mengalahkan Goliat 100% tidaklah mungkin menang tapi masih bisa mengalahkan tentara Filistin seorang diri.

Ayat 47
Daud ingin mengatakan bahwa bukan dengan kekuatan manusia, otak (daya pikir), rancangan dan cara pandang kita yang membuat kita memenangkan pertempuran tapi dari tangan Allah sehingga kita menang dalam pertempuran.

Kunci kemenangan Daud: Daud mengasihi Allah (I Samuel 16:7) yang membuatnya senantiasa mencari Allah dan wajahNya (I Tawarikh 16:10&11b)
 Daud bersemangat dan sangat memperhatikan kehormatan Tuhan Allah Israel (Ayat 26,36,46). Ia menyadari Goliat bukan saja menantang bala tentara Israel, tetapi Tuhan Yang Maha Kuasa.
 Kepercayaan Daud akan kuasa Tuhan telah diperkuat akan ingatannya akan masa-masa sebelumnya ketika ia berdoa dan mengalami kelepasan dari Allah (Ayat 34-37), (16:8-12)
 Daud tidak mengandalkan dirinya tetapi Allah dalam mengalahkan Goliat dan orang Filistin (37:45-47), Mazmur 33:16&17
 Roh Tuhan turun dengan kuasa di atasnya (16:13)
 Berani menghadapi masalah bukan lari dari masalah.

Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. Mazmur 84:11
Oleh: Ev Liem Thin Ping

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar