Rek BCA: 2 1 4 0 5 9 4 8 0 9 a/n INDRAWATTY

Shalom. Selamat Datang & Selamat Bergabung Di Web Blog "House Of All Nations". Kami mengundang Bapak, Ibu & Saudara/i yang rindu untuk datang beribadah dan berkumpul bersama pada jadwal kebaktian Kami. Tuhan Yesus senantiasa memberkati kita. Bagi anda yang diberkati oleh warta ini, anda bisa membantu kami berupa dana yang dapat anda kirimkan ke rekening kami di atas.

Sabtu, 15 Agustus 2009

KUTUK, NASIB, TAKDIR (Minggu, 9 Agustus 2009)

Kali ini kita akan membahas mengenai kutuk, nasib, dan takdir. Kutuk, nasib, dan takdir hadir dalam kehidupan setiap manusia. Entah orang tersebut adalah orang yang taat dan mengenal Kristus atau tidak. Berikut sedikit mengenau tiga hal tersebut.

• Kutuk: sering disebut sebagai keturunan ( misal: sakit kencing manis )

Dalan kejadian 3:16-19 disana diceritakan mengenai kutuk pertama manusia akibat dosa ( Roma 6:23, Roma 3:23) dalam kitab Kejadian tersebut dikatakan bahwa manusia pertama ( Adam dan Hawa ) setelah jatuh ke dalam dosa telah dikutuk oleh Tuhan. Hawa akan menderita saat mengandung dan melahirkan anaknya. Sedangkan Adam akan bersusah payah mencari makanan untuk kehidupannya.
Sebelum Adam jatuh dalam dosa, ia dapat dengan mudah mendapatkan makanannya karena semuanya telah tersedia di taman Eden. Memang manusia harus beranak cucu, tetapi bila Hawa tidak melanggar perintah Allah dengan makan buah terlarang, ia tidak perlu mengandung dan melahirkan anak dengan begitu menderita.
Unutk mengalahkan kutuk maut, Yesus telah datang ( Gal 3:13-14). Dengan mengalahkan kutuk tersebut maka berkat Abraham akan sampai kepada kita yaitu keselamatan dan jalan menuju Tanah Kanaan surgawi. Tetapi Yesus tidak menaglahkan semua kutuk manusia. Sisa kutuk yang lain harus kita sendiri yang mengalahkannya bersama dengan Yesus. Dengan darah-Nya kita dimampukan untuk mengalahkan iblis.

• Takdir:
Dalam Yesaya 49:1 dan Galatia 1:15 dijelaskan disini bahwa takdir adalah sesuatu yang telah ditentukan sejak awal. Dengan kata lain sejak kita masih dalam kandungan ibu kita kita telah ditetapkan Allah untuk suatu rencana-Nya. Ia mengetahui sejak dalam kandungan kita dapat diselamatkan atau tidak.
Sejak manusia jatuh dalam dosa manusia ditakdirkan untuk mati. ( Kej 3:22 ).
Takdir manusia tidak bias dilawan. Takdir juga telah ditentukan lebuh dahulu ( dari semula ). Sebelum kita mengenal segala sesuatunya kita telah mendapat takdir kita. Seseorang dapat diselamatkan atau tidak itu telah diketahui oleh Allah sejak sebelum kita lahir. Tugas penginjil adalah untuk memberitakan injil agar orang yang telah ditakdirkan untuk menerima keselamatan dapat terselamatkan.
Takdir itu adalah ketetapan dan ketentuan Allah. Kita tidak dapat mengubahnya.
• Nasib:
Nasib adalah bagian dari takdir dan kutuk.
Nasib bisa diubah juga terkadang tidak bisa diubah.
Nasib yang tidak bisa diubah adalah nasib yang berhubungan dengan takdir. Sedangkan nasib yang berhubungan dengan kutuk (nasib sekarang sakit kencing manis karena keturunan) masih bisa dirubah.

Demikian semoga kita semakin hari dapat membedakan kejadian yang kita alami karena kutuk, nasib, atau takdir.

Oleh: Ev. Liem Thin Ping

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar