Rek BCA: 2 1 4 0 5 9 4 8 0 9 a/n INDRAWATTY

Shalom. Selamat Datang & Selamat Bergabung Di Web Blog "House Of All Nations". Kami mengundang Bapak, Ibu & Saudara/i yang rindu untuk datang beribadah dan berkumpul bersama pada jadwal kebaktian Kami. Tuhan Yesus senantiasa memberkati kita. Bagi anda yang diberkati oleh warta ini, anda bisa membantu kami berupa dana yang dapat anda kirimkan ke rekening kami di atas.

Sabtu, 08 Desember 2012

KESEMPURNAAN HIDUP KRISTEN

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."
Matius 5:48
Kita sebagai orang percaya dituntut Allah untuk dapat sempurna sesuai dengan standard yang dibuat oleh Allah. Padahal sebagai manusia, kita tahu bahwa semua itu adalah mustahil dapat kita lakukan. Kalau begitu, kesempurnaan macam apakah yang harus kita capai, yang sesuai dengan keinginan Tuhan?

Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu. Matius 5:38-42

Konteks kesempurnaan yang sedang diajarkan oleh Tuhan Yesus itu berkaitan dengan masalah hukum pembalasan. Yesus mengajarkan pada kita untuk tidak melakukan pembalasan terhadap orang yang berbuat jahat kepada kita.

Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu. Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian Matius 5:42-47
Ayat diatas mengajarkan mengenai hukum kasih. Dalam konteks hukum kasih, Yesus mengajarkan kita untuk mengasihi musuh kita dan mendoakannya. Dengan demikian, kesempurnaan yang Tuhan tuntut dalam diri orang percaya adalah dalam hal reaksi sikap terhadap pembalasan dan mengasihi musuh.
Tuhan mengizinkan anakNya tidak menuntut balas terhadap orang yang berbuat jahat dan menyatakan kasih terhadap musuhnya. Jadi, Tuhan menuntut kesempurnaan hidup dan moral orang percaya. Karena itu, tidak memungkinkan dalam ikatan keberdosaannya. Namun, yang Tuhan kehendaki adalah kesempurnaan sikap dalam meresponi perbuatan jahat yang dilakukan orang lain terhadap orang percaya. Bahkan reaksi kita terhadap orang yang memusuhi orang-orang Kristen. Dari sini Tuhan memberikan pertolongan dengan kehadiran Roh KudusNya, bukan oleh daging. Supaya kesempurnaan sikap hidup ilahi terpancar untuk menjadi kesaksian bagi dunia ini
Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.
1 Petrus 2:12
Oleh: Ibu Namara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar