Rek BCA: 2 1 4 0 5 9 4 8 0 9 a/n INDRAWATTY

Shalom. Selamat Datang & Selamat Bergabung Di Web Blog "House Of All Nations". Kami mengundang Bapak, Ibu & Saudara/i yang rindu untuk datang beribadah dan berkumpul bersama pada jadwal kebaktian Kami. Tuhan Yesus senantiasa memberkati kita. Bagi anda yang diberkati oleh warta ini, anda bisa membantu kami berupa dana yang dapat anda kirimkan ke rekening kami di atas.

Rabu, 11 November 2009

L I D A H

Kita sebagai manusia sering melakukan dosa. Dan yang paling sering dilakukan manusia adalah dosa yang disebabkan oleh lidahnya. Lidah yang berdosa misalnya:
 Lidah yang suka berdusta Mazmur 34:14.
Berdusta sama dengan bohong. Dan semua orang tahu bahwa dusta itu adalah dosa, namun itu adalha hal umum yang sering dilakukan oleh kita semua. Bila kita mulai terbiasa berdusta, kita harus cepat sadar karena kita punya masalah yang serius. Jika kita ketahuan sekali berdusta maka orang di sekeliling kita tidak akan percaya kepada kita. Marilah kita koreksi diri kita sendiri supaya kita tidak memelihara dusta.
 Lidah yang menghancurkan hati Mazmur 57:5
Lidah yang tajam sering kali menghancurkan hati orang lain. Akan tetapi bila ada kasih tinggal dalam hati kita, kita tidak seharusnya menghancurkan hati orang lain. Nyatakan ketidaksetujuan kita dengan cara yang benar dan tanpa emosi yang meledak-ledak.

 Lidah yang mengutuki Roma 3:14, Yakobus 3:9-12.
Mengutuk artinya mengucapkan sesuatu yang buruk terhadap seseorang. Lidah yang tidak diatur akan membuat kita jatuh ke dalam dosa. Jika kita pernah mengucapkan sebuah kutukan kepada siapapun, mintalah ampun kepada Tuhan. Daripada membiarkan lidah kita berdosa dengan memperkatakan yang buruk, baiklah kita membiasakan diri untuk memperkatakan hal-hal yang baik dan penuh berkat. Karena bila kita memperkatakan hal-hal yang positif dan mendoakan musuh. Kita juga harus menciptakan suasana yang baik sehingga tidak ada celah bagi orang lain untuk mengutuki kita.
 Lidah yang suka bergosip atau menfitnah Amsal 16:28
Gossip adalah suatu tindakan yang menyebarluaskan kabar-kabar atau fakta yang sifatnya pribadi. Jika berita itu benar maka dikatakan sebagai gossip, jika berita yang tersebar tidak benar dikatakan sebagai fitnah. Jangan mengotori lidah kita dengan gossip atau fitnah karena akan membawa kehancuran bagi diri kita sendiri.
 Lidah yang terbiasa bertengkar Amsal 21:19
Orang yang suka bertengkar menjadikan itu sebagai suatu kebiasaan akan membuat dirinya mempunyai karakter yang buruk. Orang yang suka bertengkar biasanya selalu merasa dirinya yang paling benar, padahal dirinya yang bersalah. Dan sebagi pengikut Kristus harusnya kita memiliki hati yang lentur dan mau dibentuk, juga suka mengalah.
 Lidah yang berkata ria-ria Matius 12:35-37
Ada tiga jenis perkataan ria-ria yaitu:
- perkataan kotor
- perkataan yang kosong I Samuel 2:3 (perkataan yang sombong dan caci maki)
- perkataan yang sembrono (orang Kristen yang suka latah dan menyebarluasakan nama Tuhan dengan sembarangan). Firman Tuhan mengajarkan bahwa kita harus mengucapkan nama Tuhan dengan penuh hormat, karena Tuhan itu mulia)

Cara supaya kita bisa menjaga lidah kita adalah dengan kita mengasihi orang tersebut I Korintus 13:1.
Oleh:Kimling

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar