Rek BCA: 2 1 4 0 5 9 4 8 0 9 a/n INDRAWATTY

Shalom. Selamat Datang & Selamat Bergabung Di Web Blog "House Of All Nations". Kami mengundang Bapak, Ibu & Saudara/i yang rindu untuk datang beribadah dan berkumpul bersama pada jadwal kebaktian Kami. Tuhan Yesus senantiasa memberkati kita. Bagi anda yang diberkati oleh warta ini, anda bisa membantu kami berupa dana yang dapat anda kirimkan ke rekening kami di atas.

Kamis, 03 Oktober 2013

RAJA DAUD

Daud berumur tiga puluh tahun, pada waktu ia menjadi raja; empat puluh tahun lamanya ia memerintah.
Di Hebron ia memerintah atas Yehuda tujuh tahun enam bulan, dan di Yerusalem ia memerintah tiga puluh tiga tahun atas seluruh Israel dan Yehuda. II Samuel 5:4,5
Pada usia 30 tahun Daud mulai berkuasa di Hebron, dalam usia masih muda dan dengan banyak pengalaman yang luar biasa Daud memimpin penduduk Yehuda lalu kemudian seluruh bangsa Israel. Mungkin kita berkata raja raja di Israel usianya yang kurang dari 30 tahun banyak, apa masalahnya buat Daud yang usianya 30 tahun?

Banyak raja raja bisa usia masih muda menjadi raja itu karena dukungan dari orang tuanya (orang tuanya raja), tapi kalau Daud itu karena Allah yang berkehendak (karena orang tua dan saudara saudaranya sejak dulu tidak pernah mendukung Daud). Banyak hamba Tuhan juga dalam usia muda menjadi hamba Tuhan itu karena orang tuanya adalah pendeta. Sekarang banyak juga pengusaha pegusaha muda yang bermunculan, itu karena dukungan dari orang tua baik moril (keuangan, diberi usaha) maupun mental.

KILAS BALIK KEHIDUPAN DAUD
Kita kenal Daud sejak masih kecil hingga dewasa orang tuanya kurang mendukung masa depan Daud, bahkan saat Samuel datang Daud dilupakan oleh ayahnya Isai sampai Samuel menanyakan inikah anakmu semua.
Lalu Samuel berkata kepada Isai: "Inikah anakmu semuanya?" Jawabnya: "Masih tinggal yang bungsu, tetapi sedang menggembalakan kambing domba." Kata Samuel kepada Isai: Suruhlah memanggil dia, sebab kita tidak akan duduk makan, sebelum ia datang ke mari.
I Samuel 16:11
Selain orang tuanya, kakak kakaknya tidak mendukung karier dari Daud.
Contohnya saat Daud mau behadapan dengan Goliat:
Ketika Eliab, kakaknya yang tertua, mendengar perkataan Daud kepada orang-orang itu, bangkitlah amarah Eliab kepada Daud sambil berkata: "Mengapa engkau datang? Dan pada siapakah kautinggalkan kambing domba yang dua tiga ekor itu di padang gurun? Aku kenal sifat pemberanimu dan kejahatan hatimu: engkau datang ke mari dengan maksud melihat pertempuran." I Samuel 17:28
Daud adalah anak paling kecil (bungsu) diantara 7 bersaudara laki laki (I Tawarikh 2:15), selain 2 saudaranya yang perempuan.

Daud adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa, seorang prajurit yang pandai bicara serta elok perawakannya dan yang paling penting Tuhan selalu menyertai dia.
Lalu jawab salah seorang hamba itu, katanya: "Sesungguhnya, aku telah melihat salah seorang anak laki-laki Isai, orang Betlehem itu, yang pandai main kecapi. Ia seorang pahlawan yang gagah perkasa, seorang prajurit, yang pandai bicara, elok perawakannya; dan TUHAN menyertai dia." I Samuel 16:18
Daud selama hidupnya hanya Allah sajalah yang mendukung masa depannya. Saat
Daud dipuncak, dia benar benar menuju kepuncak. Pengaruh Daud ada sampai sepanjang jaman dan sepanjang masa, hingga hari ini.

Proses Daud mulai menanjak (dikenal):
Ketika Daud diurapi oleh Samuel disitu Daud mulai dikenal, lalu main kecapi di istana (I Samuel 16:23), lalu pembawa pedangnya Saul (I Samuel 16:21), lalu mengalahkan Goliat (I Samuel 17:40-58), memimpin pasukan yang mengalahkan berlaksa laksa, menjadi menantu raja Saul yaitu Mikhal (I Samuel 18:27)

Saat Daud dikejar kejar Saul untuk dibunuh:
Daud meninggalkan semuanya termasuk kekayaan, pasukan yang dia pimpin, ketenaran, masa depan, kariernya, istrinya, sampai sampai orang tuanya harus diungsikan ke raja negeri Moab (I Samuel 22:3), sedang saudara saudaranya harus mengikuti Daud dalam pelarian, selain itu Daud menampung orang orang bemasalah atau pelarian (residivis).
Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka. Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang. I Samuel 22:2
Daud saat bersama dengan orang bermasalah, ia membawa mereka yang bermasalah menjadi pahlawan pahlawan Allah karena Daud sendiri adalah pahlawan Allah. Daud dapat mengalahkan musuh musuhnya bukan karena kekuatannya tapi ada tangan yang kuat yang membuat dia memenangkan setiap pertempuran.

Jadi orang yang bermasalah yang mengikuti dia bukanlah seorang prajurit, mereka datang kepada Daud untuk mendapat perlindungan. Tapi Daud yang (juga sedang bermasalah) mengubah setiap orang yang bermasalah bukan saja membawa hatinya kepada Allah, tapi melatih mereka menjadi barisan tentara Allah yang hidup atau pahlawan pahlawan Allah (termasuk Yoab panglima Daud).
Orang tua dan saudara saudara Daud tidak satupun membela Daud, saat Daud dikejar kejar Saul tidak ada satupun dari keluarganya yang membela dia, hanya Tangan yang Kuat itu saja yang menguatkan dan mendukung Daud.
Kita bagamana saat sedang masalah? Pasti ada orang orang yang disamping kita yang menguatkan kita, jadi bersyukurlah. Daud tidak ada orang dekat yang mendukung malah saat bermasalah atau dikejar Saul, Allah mendatangkan orang orang yang bermasalah, selain itu selama dia dikejar kejar Saul dia harus menghidupi 400 orang bermasalah + istri + anak anak mereka (I Samuel 22:2). setelah itu yang mengikuti dia bertambah menjadi 600 orang + istri + anak anak mereka. Lalu bagaimana menghidupi mereka semua, mengurus diri sendiri yang masih dalam pelarian saja susah bagamana mengurus orang lain ribuan lagi.
Lalu pergilah Daud beserta keenam ratus orang yang bersama-sama dengan dia, dan sampailah mereka ke sungai Besor. Sementara orang-orang yang mau tinggal di belakang berhenti di sana I Samuel 30:9
Kalau kita lihat bagaimana menghidupi mereka itu semua? Hanya mujizat, hanya mujizatlah Daud bisa menghidupi mereka. Maka itu Daud berani berkata:
Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti Mazmur 37:25
Daud saat berkata demikian usianya masih +20 tahun. Bagamana mungkin orang berumur 20-an bisa. Sekali lagi mujizat.

Jadi masihkah kita percaya mujizat masih berlangsung hingga hari ini? 5 roti dan 2 ikan masih sanggup mencukupkan 5 000 laki laki +++ (Matius 14:19-21)
Untuk anak seusia Daud mengalami masalah dan tekanan yang begitu berat tidaklah mudah menghadapinya, bahkan ia berulang ulang kali punya kesempatan menyesaikannya dengan membunuh Saul, tapi tetap tidak dilakukannya.
TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.
Mazmur 37:23.24
Ia mau setiap jalannya, Tuhan yang mengaturnya akibatnya Daud saat menjadi raja kerajaannya kekal sampai selama lamanya (melalui Yesus Kristus).

Bagaimana sekarang kehidupan kita sedang menanjak atau sedang menurun? Mau potong kompas atau sejalan dengan langkah Kristus? Ikut Yesus tidak gampang lho.. susah mengikuti liku likunya. Kalau berhasil kita akan tahan mental selain itu ada upah menantinya, mau?

Pemerintahan Raja Daud
Pertama kalinya Daud menjadi raja pada usia 30 tahun dan kerajaannya hanya daerah Yehuda (satu daerah). Dan dia memimpin selain suku Yehuda juga suku lewi (yang tidak punya tanah) + pahlawan pahlawan yang selama ini mengikuti Daud termasuk panglima Yoab (I Samuel 26:6)dan Yosafat yang menjadi bendahara Negara (II Samuel 8:16) + triwira + 30 pahlawan lainnya (I Tawarikh 11:20-42) termasuk Uria, orang Het suami betsyeba + 7 pahlawan lainnya yang bukan dari Israel (II Tawarikh 11:43-47).
Daud dengan satu suku mampu mengalahkan 11 suku Israel, dengan rajanya yang bernama Isyiboset anak Saul dan panglimanya bernama Abner yang terkenal sejak masa Raja Saul (II Samuel 2:8,9). Daud dengan orang yang sedikit mampu mengalahkan 11 suku Israel dengan tentara tentara yang berpengalaman dalam medan perang. Mengapa bisa demikian? Karena Daud pahlawan dan orang orang yang mengikuti Daud juga sudah dilatih menjadi pahlawan Allah, karena itu Daud dalam setiap pertempuran dia tidak pernah kalah termasuk tentaranya. Tentaranya sangup mengalahkan raksasa dari Filistin (I Tawarikh 20:4-8) dan dari Mesir (I Tawarikh 11:23) .

Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.
Mazmur 127:4
Selain Yoab, Daud punya pahlawan yang lainnya termasuk TRIWIRA, selain itu ada Tiga puluh orang pahlawan + 7 orang pahlawan yang luar biasa (II Samuel 23:23). Darimana semua pahlawanan pahlawan itu? Itu semua terjadi pada saat Daud dalam pelarian orang orang yang bermasalah banyak yang datang. Melalui kedatangan mereka, Allah memakai dan melatih mereka mejadi pahlawan pahlawan yang luar biasa. Saat Daud dalam pelarian, Daud selalu bertempur dan selalu menang dalam pertempuran. Jadi kekuatan 1 pahlawan sebanding dengan 30-800 tentara musuh.
Inilah nama para pahlawan yang mengiringi Daud: Isybaal, orang Hakhmoni, kepala triwira; ia mengayunkan tombaknya melawan delapan ratus orang yang tertikam mati dalam satu pertempuran. II Samuel 23:8
Abisai, adik Yoab, dialah kepala ketiga puluh orang itu. Dan dialah yang mengayunkan tombaknya melawan tiga ratus orang yang mati ditikamnya; ia mendapat nama di antara ketiga puluh orang itu. I Tawarikh 11:20

Karena itu dalam setiap pertempuran Daud berani berkata:
TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.
Mazmur 28:7
Hari ini sudahkah kita menjadi pahlawan Allah yang menerangi setiap orang atau yang metenggi orang lain (menghamili). Mungkin kita sedang dalam pelarian, kita sedang dikejar kejar permasalahan kita. Hari ini kalau kita mau, Allah akan membuat engkau menjadi pahlawan yang tidak berlari lari lagi tapi menjadi orang yang berani mendatangi dan mengalahkan setiap masalah yang ada, Amin.
Oleh: Ev. Liem Thin Ping

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar