Rek BCA: 2 1 4 0 5 9 4 8 0 9 a/n INDRAWATTY

Shalom. Selamat Datang & Selamat Bergabung Di Web Blog "House Of All Nations". Kami mengundang Bapak, Ibu & Saudara/i yang rindu untuk datang beribadah dan berkumpul bersama pada jadwal kebaktian Kami. Tuhan Yesus senantiasa memberkati kita. Bagi anda yang diberkati oleh warta ini, anda bisa membantu kami berupa dana yang dapat anda kirimkan ke rekening kami di atas.

Sabtu, 10 Maret 2012

AJARAN NIKOLAUS DAN BILEAM


Tetapi Aku mempunyai beberapa keberatan terhadap engkau: di antaramu ada beberapa orang yang menganut ajaran Bileam, yang memberi nasihat kepada Balak untuk menyesatkan orang Israel, supaya mereka makan persembahan berhala dan berbuat zinah. Demikian juga ada padamu orang-orang yang berpegang kepada ajaran pengikut Nikolaus. Sebab itu bertobatlah! Jika tidak demikian, Aku akan segera datang kepadamu dan Aku akan memerangi mereka dengan pedang yang di mulut-Ku ini.Wahyu 2:14-16 Teguran ini diberikan kepada jemaat di Efesus dan jemaat di Pergamus dua dari tujuh kaki dian. Dengan kata lain pengaruh dari ajaran Nikolaus begitu besar sampai mempengaruhi 2 kaki dian di antara 7 kaki dian. Siapa Nikolaus itu? Karenaitu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu, Dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman. "Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia. Kisahpararasul 6:3-5 Nikolaus adalah salah seorang jemaat Tuhan pada gereja mula-mula.

Nikolaus adalah seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia, dan ia menjadi jemaat Kristus. Artinya Nikolaus adalah seorang pemeluk agama Yahudi (dariAntiokhia) yang telah menerima Kristus sebagai Tuhan.

AJARAN NIKOLAUS
Sebagai salah satu jemaat yang ditugaskan untuk melayani, Nikolaus mengajarkan juga Firman Tuhan. Tetapi terbukti bahwa ajaran Nikolaus sangat dibenci oleh Tuhan Yesus.
"Tetapi ini yang ada padamu, yaitu engkau membenci segala perbuatan pengikut-pengikut Nikolaus, yang juga Kubenci." Wahyu 2:6
Nikolaus ternyata adalah seorang penyesat! Ajaran Nikolaus adalah ajaran yang mentolerir budaya, tradisi, kebiasaan paganisme. Nikolaus mengajarkan tidak apa-apa beribadah kepada Yesus tetapi juga melakukan tradisi, praktek, budaya paganisme.

Paganisme adalah sebuah kepercayaan atau praktik spiritual penyembahan berhala
Yang pengikutnya disebut Pagan. Pagan pada zaman kuno percaya bahwa terdapat lebih dari satu dewa dan dewi dan untuk menyembahnya mereka menyembah patung, contoh Mesir Kuno, Yunani Kuno, Romawi Kuno, dan lain-lain.
Perlu diketahui bahwa salah satu budaya paganism saat itu adalah seperti makan persembahan berhala, perzinahan, penyembahan kepada patung, kalung salib bisa mengusir setan, minyak urapan melebihi kekuasaan Kristus, alkitab menjadi jimat biar bisa tidur dan hal-hal lainnya.

Israel yang dijajah oleh Roma, maka pengaruh kebudayaan dan agama Roma akan tercampur dengan kekritenan selain itu ajaran Yahudi (Yudaisme) juga dibawa oleh Nikolaus dicampuradukan oleh Nikolaus. Jadi kekristenan bukan murni Kristus sebagai barometer kehidupan, itu yang dicela oleh Kristus.
Pengaruh ini juga ada hingga sekarang, kekristenan dicampur (disesuaikan) dengan bisnis, kekristenan disesuaikan dengan pendidikan, dengan pemikiran, gaya hidup, dan kebudayaan kita. Jadi bisnis, pendidikan, pemikiran, gaya hidup, kebudayaan menjadi ilah (dewa) kita selain Kristus.

Ajaran-ajaran Nikolaus ini, tanpa disadari oleh anak-anak Tuhan telah meracunianak-anak Tuhan pada saat itu, bahkan praktek-praktek tersebut masih sering terlihat hingga saat sekarang ini.
Contoh :Masih ada para pengikut Kristus yang pergi ke dukun, terlibat dalam perzinahan, percaya fengshui, percaya ramalan, terlibat dalam okultisme, terlibat dalam penyembahan kepada patung, penyembahan kepada manusia dan lain-lain.
Kompromi-kompromi dengan budaya paganisme di dalam diri anak-anak Tuhan ini dimulai melalui Nikolaus. Anak-anak Tuhan menjadi penuh toleransi, bahkan yang lain tidak mau mendisiplinkan mereka yang berkompromi ini.
Jemaat Efesus menolak mentah-mentah para pengikut Nikolaus ini. Hal ini ditulis di Wahyu 2:6. Tetapi pada jemaat Pergamus, jemaat ada yang bertoleransi dan menjadi pengikut-pengikut Nikolaus ini, Wahyu 2:15.
Bileam adalah tukang tenung dari Petor dekat sungai Efrat di Aram Mesopotamia yang diperintahkan oleh Balak, raja Moab, agar ia mengutuki bangsa Israel. Kisah tentang Bileam ini dapat dibaca di Bilangan 22 – 24
Karena mereka tidak menyongsong kamu dengan roti dan air pada waktu perjalananmu keluar dari Mesir, dan karena mereka mengupah Bileam bin Beor dari Petor di Aram-Mesopotamia melawan engkau, supaya dikutukinya engkau. Ulangan 23:4
Ajaran Bileam adalah ajaran yang mengajarkan toleransi juga terhadap paganisme. Adalah hal yang biasa saja apabila anak-anak Tuhan melakukan perzinahan, karena bisa bertobat dan meminta pengampunan kembali.
Bileam saat itu menyerukan kepada bangsa Israel adalah tidak apa-apa bagi mereka untuk memakan makanan persembahan berhala dan berzinah dengan bangsa-bangsa di Kanaan. Bileam adalah contoh dari seorang guru yang mempengaruhi orang untuk meninggalkan Tuhan dan menyembah berhala.

Jika kita menyebut diri kita pengikut Kristus, maka sudah selayaknya kita meneladani apa yang Kristus ajarkan.
"Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus." I Petrus 1:14-16
Tuhan Yesus sendiri melalui wahyu yang diberikanNya kepada Yohanes di pulau Patmos mengatakan agar kita yang masih mempraktekkan ajaran Nikolaus dan ajaran Bileam ini untuk bertobat. Jika tidak Tuhan sendiri yang akan memerangi mereka.
"Sebab itu bertobatlah! Jika tidak demikian, Aku akan segera datang kepadamu dan Aku akan memerangi mereka dengan pedang yang di mulut-Ku ini. Wahyu 2:16
Oleh: Ev.Liem Thin Ping

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar