Rek BCA: 2 1 4 0 5 9 4 8 0 9 a/n INDRAWATTY

Shalom. Selamat Datang & Selamat Bergabung Di Web Blog "House Of All Nations". Kami mengundang Bapak, Ibu & Saudara/i yang rindu untuk datang beribadah dan berkumpul bersama pada jadwal kebaktian Kami. Tuhan Yesus senantiasa memberkati kita. Bagi anda yang diberkati oleh warta ini, anda bisa membantu kami berupa dana yang dapat anda kirimkan ke rekening kami di atas.

Jumat, 14 Oktober 2011

MURID-MURID YESUS


Nama-nama murid Yesus Kristus dapat dikaji pula dalam Matius 10:1-4, Lukas 6:13-16. Hanya dua saja dari THE-TWELVE yang menjadi penulis Injil yaitu Matius dan Yohanes, sedangkan yang dua orang lagi bukan murid Yesus Kristus secara langsung. Markus adalah murid Petrus, sedangkan Lukas adalah teman Paulus. Di antara ke-12 murid itu, hanya Petrus, dan Yohanes yang pernah menulis surat untuk Gereja. Surat Yakobus tidak ditulis oleh murid Yesus, tetapi oleh saudara Yesus. Tidak semua murid Yesus Kristus adalah orang yang terpelajar dan mau menulis otobiografi mereka, lagi pula barangkali mereka menerapkan ajaran Yesus Kristus untuk "mematikan" diri sendiri dan memuliakan Yesus Kristus saja. Ada yang mencoba menulis pelayanan mereka dalam kitab-kitab lain, tetapi justru kitab-kitab ini sangat meragukan karena tidak ditulis oleh para murid itu sendiri.

Sedikit catatan mengenai riwayat para murid :
Ada yang mencatat bahwa Petrus mati syahid di Roma disalib dengan kepala di bawah, Andreas konon berkhotbah hingga ke Rusia Selatan dan Balkan, mati disalib dengan salib model "X" di Patras, Yunani.
Yakobus bin Zebedeus, saudara Yohanes, mati syahid tahun 44 Masehi di era Herodes Agripa I (Kisah Para Rasul 12:2), Yakobus muda atau Yakobus Alfeus tidak diketahui kisahnya.
Yohanes menulis 1 Injil, dan sempat menulis tiga surat plus kitab Wahyu saat ia dibuang di pulau Patmos. Suatu literatur lain menulis bahwa Yohanes tinggal dan wafat di Efesus.
Filipus tidak diketahui lebih lanjut, namun ada injil apokrif yang dinyatakan berasal darinya.
Bartolomeus, diperkirakan adalah orang yang sama dengan nama Natanael, tidak diketahui pula, dan ada injil apokrif di era Heronimus yang menyebutkan Bartolomeus sebagai penulis.
Tomas menginjil hingga ke India dan dimakamkan di Edessa, India. Ada injil Tomas yang berisikan ajaran Yesus tetapi tidak memuat perbuatan Yesus, ini pun diragukan ditulis oleh Tomas, kemungkinan besar ditulis orang lain yang menamakan dirinya Tomas.
Matius sang pemungut cukai atau nama lainnya Lewi, adalah penulis injil Matius, riwayat hidupnya pun tidak diketahui. Ada injil "palsu" Matius yang beredar tempo doeloe yang menulis tentang adanya sapi dan keledai di kandang saat Yesus Kristus lahir dan diletakkan dalam palungan
Tadeus, dikenal juga dengan nama Yudas anak Yakobus, tidak diketahui lebih lanjut, konon melakukan karya misionaris di Edessa
Simon orang Zelot, tidak diketahui lebih lanjut, ada yang menghubungkannya dengan pemberontakan dalam Kisah Para Rasul 5:37 sehingga ia mati terbunuh.

Para Rasul
Pada permulaan pelayanan-Nya, Yesus memilih dua belas orang untuk mengadakan perjalanan bersama dengan Dia. Orang-orang ini mempunyai tanggung jawab yang penting: Mereka akan terus mewakili Dia setelah Ia kembali ke surga. Reputasi mereka masih terus mempengaruhi gereja, lama setelah mereka meninggal.
Jadi, pemilihan kedua belas orang itu adalah sebuah tanggung jawab yang besar. "Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul" (Lukas. 6: 1213).

Sebagian besar rasul-rasul itu berasal dari daerah Kapernaum, yang dianggap rendah oleh masyarakat Yahudi yang terhormat karena Kapernaum adalah pusat dari bagian negara Yahudi (belum lama berselang ditambahkan). Sebenarnya daerah itu dikenal sebagai "Galilea orang bukan Yahudi." Y esus sendiri berkata, "Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati!" (Matius 11:23). Namun Yesus membentuk kedua belas orang ini menjadi pemimpin yang tangguh dan juru bicara yang fasih tentang iman Kristen. Kesuksesan mereka menjadi bukti tentang kuasa pembaharuan Tuhan Yesus.

Tak seorang pun penulis Injil yang meninggalkan gambaran fisik dari kedua belas orang tersebut. Meskipun begitu, mereka memberikan sedikit petunjuk yang menolong kita untuk membuat "dugaan yang ilmiah" ten tang bagaimana penampilan dan tindakan para rasul. Suatu kenyataan yang sangat penting yang secara tradisionaltelah diabaikan dalam gambaran seni yang tidak terhitung banyaknya tentang para rasul ada1ah usia muda mereka, Jika kita menyadari bahwa sebagian besar dari para rasul itu hidup sampai masa perempat ketiga dan keempat dari abad pertama; Y ohanes ma1ah hidup sampai abad kedua, jadi mereka pasti masih berumur/belasan tahun ketika pertama kali mengikuti panggilan Kristus.

Berbagai laporan alkitabiah yang berbeda mendaftar kedua belas orang itu secara berpasangan: Kita tidak mengetahui secara pasti apakah hal ini menunjuk pada hubungan keluarga, fungsi tim, atau berbagai jenis asosiasi lain di antara mereka.
1)ANDREAS 8) MATIUS
2)BARTOLOMEUS (NATANAEL?) 9) FILIPUS
3)YAKOBUS, ANAK ALFEUS 10) SIMON PETRUS
4)YAKOBUS, ANAK ZEBEDEUS 11) SIMON ORANG ZELOT
5)YOHANES 12) TOMAS
6)YUDAS (YANG BUKAN ISKARIOT) 13) MATIAS PENGGANTI YUDAS
7)YUDAS ISKARIOT
Oleh: Ev. Liem Thin Ping

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar