Rek BCA: 2 1 4 0 5 9 4 8 0 9 a/n INDRAWATTY

Shalom. Selamat Datang & Selamat Bergabung Di Web Blog "House Of All Nations". Kami mengundang Bapak, Ibu & Saudara/i yang rindu untuk datang beribadah dan berkumpul bersama pada jadwal kebaktian Kami. Tuhan Yesus senantiasa memberkati kita. Bagi anda yang diberkati oleh warta ini, anda bisa membantu kami berupa dana yang dapat anda kirimkan ke rekening kami di atas.

Kamis, 19 Desember 2013

PUASA

Perlukah orang Kristen berpuasa? Apakah puasa itu harus? Diet samakah dengan puasa? Lalu fungsinya puasa itu apa? Mengapa harus pakai puasa dan berdoa, puasa sajakan sudah cukup? Lalu puasa yang benar jam berapa sampai jam berapa dan berapa lama?

"Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?" Sesungguhnya, pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu.
Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi.
Sungguh-sungguh inikah berpuasa yang Kukehendaki, dan mengadakan hari merendah kan diri, jika engkau menundukkan kepala seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur? Sungguh-sungguh itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan hari yang berkenan pada TUHAN? Yesaya 58:3-5
Puasa bukan untuk penampilan dengan menunjukan dirinya berpuasa atau melalui menyiksa tubuhnya biar orang lain tahu kalau kita berpuasa.

Puasa bisa terjadi karena
 kemauan atau kesadaran atau inisiatif orang itu sendiri.
 karena kehendak atau kemauan Allah.
Jadi sebelum berpuasa berdoalah untuk mendapatkan petunjuk dari Roh Kudus, bentuk puasa yang bagaimana hendak kita jalani.

Sebelum mulai, tetapkan dahulu bentuk puasamu :
• Berapa lama saudara berpuasa? Satu hari, satu minggu, berapa minggu atau 40 hari.
• Bentuk puasa yang dikehendaki Tuhan untuk kita jalani. (misalnya : Puasa makan tapi boleh minum air, atau air dan juice) atau puasa dengan cara lain. Nanti kita akan tahu macam macam puasa dan fungsinya, kita bisa pilih puasa apa yang akan kita jalani.
• Berapa banyaknya waktu perhari yang akan kita gunakan untuk berdoa dan merenungkan Firman Tuhan.

Macam macam puasa dan fungsinya
1. Dua kali dalam seminggu.
Saya berpuasa dua kali seminggu, dan saya mempersembahkan kepada-Mu sepersepuluh dari semua pendapatan saya.’ Lukas 18:12
Puasa ini dilakukan orang Farisi. Walau dilakukan oleh orang Farisi kita hanya
mengambil sesuatu yang baiknya saja tapi tingkah laku orang Farisi jangan ditiru. Melalui puasa ini Allah ingin kita bisa merendahkan hati bukan tambah menjadi sombong seperti orang Farisi.

2. 3 hari 3 malam (Ester dan Yunus).
"Kumpulkanlah semua orang Yahudi yang ada di Susan untuk berdoa bagiku. Janganlah makan dan minum selama tiga hari dan tiga malam. Aku sendiri dan gadis-gadis pelayanku akan berpuasa juga. Setelah itu aku akan menghadap raja, meskipun itu melanggar undang-undang. Kalau aku harus mati karena itu, biarlah aku mati!" Ester 4:16
Puasa ini dilakukan oleh Ester, pelayan pelayan Ester, semua orang Yahudi di kota Susan. Mereka berpuasa karena ada tekanan yaitu seluruh bangsa Yahudi, baik tua maupun muda, baik wanita maupun anak-anak, harus dibunuh tanpa ampun, dan harta benda mereka disita (Ester 3:12). Ini juga dialami oleh Yunus (Yunus 1:17) puasa Yunus karena kehendak Tuhan.

3. Manusia dan binatang di Niniwe (ibu kota Asyur).
Haruslah semuanya, manusia dan ternak, berselubung kain kabung dan berseru dengan keras kepada Allah serta haruslah masing-masing berbalik dari tingkah lakunya yang jahat dan dari kekerasan yang dilakukannya. Yunus 3:8
Mereka berpuasa biar murka Allah tidak menyala nyala atas kota dan negeri
Mereka. 40 hari 40 malam tidak makan, tidak minum dan tidak berbuat jahat (Yunus 3:7).

4. 40 hari 40 malam tidak makan hanya minum.
Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.
Matius 4:2
Ini dialami oleh Yesus buktinya Iblis menyuruh Yesus mengubah batu menjadi roti (matius 4:3). Puasa ini dilakukan Yesus sebelum melawan Iblis (pencobaan).

5. 40 hari 40 malam tidak makan dan tidak minum.
Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan TUHAN empat puluh hari empat puluh malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan pada loh itu segala perkataan perjanjian, yakni Kesepuluh Firman. Keluaran 34:28
Ini dialami oleh Musa dan Elia (I Raja raja 19:8).
*) 40 hari 40 malam adalah pelayanan supranatural hanya kehendak dan kemauan Allah saja, manusia baru bisa melakukannya.

6. Tidak makan roti dan minum anggur (Yohanes Pembaptis).
Karena Yohanes Pembaptis datang, ia tidak makan roti dan tidak minum anggur, dan kamu berkata: Ia kerasukan setan. Lukas 7:33

7. Untuk tugas yang khusus atau keputusan penting.
Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi. Kisah Pararasul 13:2,3
Mereka berdoa dan berpuasa untuk bisa memberkati (mentransferkan kuasa Allah) kepada Barnabas dan Paulus supaya Paulus dan Barnabas kuat saat menghadapi medan yang dihadapi.

8. Untuk bisa mengusir kuasa kegelapan.
Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa. Matius 17:21
Kita perlu harus tahu kuasa kegelapan itu model dan bentuknya bagaimana supaya saat ada sesuatu datang kita bisa mendeteksi, itu dari Tuhan atau dari setan.

9. 7 hari 7 malam puasa untuk tidak berkata apa apa.
Lalu mereka duduk bersama-sama dia di tanah selama tujuh hari tujuh malam. Seorangpun tidak mengucapkan sepatah kata kepadanya, karena mereka melihat, bahwa sangat berat penderitaannya. Ayub 2:13
Ayub berpuasa dengan 3 orang temannya (Ayub 2:11) dengan tidak berkata apa apa selama 7 hari 7 malam.

10. Daniel dan temannya berketetapan hanya makan sayur dan minum air putih selama 10 hari.
Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum. Daniel 1:12

11. doa dan puasa untuk memohon sesuatu.
Lalu aku mengarahkan mukaku kepada Tuhan Allah untuk berdoa dan bermohon, sambil berpuasa dan mengenakan kain kabung serta abu. Daniel 9:3

12. berkabung selama 21 hari.
Pada waktu itu aku, Daniel, berkabung tiga minggu penuh. Daniel 10:2

13. Paulus, 3 hari 3 malam tidak makan, tidak minum dan tidak melihat.
Tiga hari lamanya ia tidak dapat melihat dan tiga hari lamanya ia tidak makan dan minum.
Kisah Pararasul 9:9

14. Berpuasa tidak berhenti sampai masalahnya beres seperti Daud.
Lalu Daud memohon kepada Allah oleh karena anak itu, ia berpuasa dengan tekun dan apabila ia masuk ke dalam, semalam-malaman itu ia berbaring di tanah.
Maka datanglah kepadanya para tua-tua yang di rumahnya untuk meminta ia bangun dari lantai, tetapi ia tidak mau; juga ia tidak makan bersama-sama dengan mereka.
Pada hari yang ketujuh matilah anak itu. Dan pegawai-pegawai Daud takut memberitahukan kepadanya, bahwa anak itu sudah mati. Sebab mereka berkata: "Ketika anak itu masih hidup, kita telah berbicara kepadanya, tetapi ia tidak menghiraukan perkataan kita. Bagaimana kita dapat mengatakan kepadanya: anak itu sudah mati? Jangan-jangan ia mencelakakan diri!" II Samuel 12:16-18
Daud berpuasa atas inisiatipnya sendiri agar masalahnya beres. Waktu berhentinya puasanya ditentukan oleh Allah.

Dari 14 macam puasa kita bisa ambil mana yang mau dilakukan, yang penting Tuhan lihat ketulusan hati kita.

Puasa yang bagaimana Tuhan mau?
"Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu,
supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu." Matius 6:16-18

Sasaran puasa yang seharusnya:
PUASA UNTUK JASMANI
Ada saatnya kita berpuasa terutama adalah untuk kepentingan tubuh. Bentuk ini disebut ‘diet’ (bukan di-eat!) Mengapa? Sebab tubuh kita adalah wadah atau tempat bagi roh dan jiwa. Lebih dari itu. ‘rumah’ bagi Roh Allah (I Korintus 3:16).
Bila tubuh kita sakit, maka seluruh kehidupan kita terganggu (Ibadah, doa, bekerja, belajar, dsb).
PUASA UNTUK JIWANI
Maksud puasa jiwani ialah : Belajar mengekang pikiran.
Terlalu lelah bekerja terus menerus orang perlu memberi kesempatan kepada pikirannya untuk refresing. Mencari uang terus menerus tanpa istirahat hingga akhirnya menjadi hamba uang. Pikiran dibiarkan terlalu lelah memikirkan hal-hal yang negatif dan juga terlalu ’rakus’ hingga hal-hal yang sebenarnya tidak patut dipikirkan atau merugikan atau mengotori, dimasukkan semua dalam pikiran. Akhirnya, pikiran menjadi ’sakit’ karena kena ’polusi’ atau ’terkontaminasi’.
PUASA UNTUK ROHANI
Mengurangi atau menghentikan semua kegiatan aktivitas yang lain, demi kemajuan atau kekuatan rohani kita.
Contoh :
1. Tinggalkan pesawat TV (walau acaranya sangat menarik), lalu masuklah kamar untuk berdoa. Lipatlah surat kabar / majalah anda, lalu bacalah Alkitab.
2. Batalkan rencana untuk ’cuci mata’ di Shoping Centre dan pergilah ke acara ’praise and worship’.
Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik
berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik.
Mazmur 84:11

Ada orang Kristen yang berpuasa dalam arti tidak makan dan tidak minum sejak matahari terbit sampai matahari terbenam. Ia menjadi begitu bangga akan ’prestasi’nya itu dan menjadi sangat ’sukacita’.
Namun ternyata yang rakus tetap rakus, yang kikir tetap kikir, yang ngrekes tetap ngrekes, yang jahat tetap jahat dan yang pemarah tetap pemarah! Puasa seperti ini kelihatan sepintas sukses secara jasmani, tapi gagal untuk meningkatkan mutu atau kondisi rohaninya! Itu sama dengan puasanya orang Farisi.

Puasa yang berhasil adalah : Melalui doa-doa puasa kita, yang kikir menjadi suka memberi, yang pemarah jadi sabar dan yang pendendam dapat memberi ampun, yang jahat jadi baik, yang ngrekes berubah jadi tidak ngrekes.
Jangan kita puas dengan ’prestasi’ tidak makan dan tidak minum, tapi tidak terjadi perubahan apapun dalam karakter kita.
PUASA BUKAN MASALAH BERAPA LAMA, BUKAN MASALAH BERAPA WAKTU YANG  DIKORBANKAN. PUASA ADALAH BERAPA BESAR PERUBAHAN YANG TERJADI DI-DALAM  HIDUP KITA.
Oleh: Ev. Liem Thin Ping

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar