Rek BCA: 2 1 4 0 5 9 4 8 0 9 a/n INDRAWATTY

Shalom. Selamat Datang & Selamat Bergabung Di Web Blog "House Of All Nations". Kami mengundang Bapak, Ibu & Saudara/i yang rindu untuk datang beribadah dan berkumpul bersama pada jadwal kebaktian Kami. Tuhan Yesus senantiasa memberkati kita. Bagi anda yang diberkati oleh warta ini, anda bisa membantu kami berupa dana yang dapat anda kirimkan ke rekening kami di atas.

Sabtu, 30 November 2013

OKULTISME

Di antaramu janganlah didapati seorangpun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau anaknya perempuan sebagai korban dalam api, ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir,
seorang pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati.
Sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu.
Ulangan 18:10-12

Apa itu Okultisme?
Okultisme berasal dari bahasa latin yaitu Occultus artinya: gelap, gaib, tersembunyi atau misterius. Jadi okultisme adalah ajaran atau paham tentang kuasa kegelapan dengan segala bentuk dan prakteknya. Inilah yang sedang dikerjakan Iblis diakhir zaman untuk menyesatkan dan melibatkan banyak orang mengenai hal yang gaib, gelap, misterius dan tersembunyi. Ia seperti sebuah jerat atau perangkap yang mematikan bagi setiap korbannya. Setiap orang masuk perangkapnya pasti akan sulit untuk bisa keluar.
Banyak orang Kristen yang telah terima Yesus tetapi mereka tidak mengalami pertumbuhan dalam hidupnya hal itu antara lain bisa disebabkan oleh karena hidupnya terikat oleh kuasa kegelapan.

Harun Jusuf, mantan tukang kwa-mia (ramal nasib) yang kini bertobat, mengungkap kan bahaya kutukan terselubung dibalik ramalan nasib. Ini karena, setiap ramalan yang keluar dari mulutnya, akan menjadi kenyataan kecuali kalau si pasien bertobat dan melepaskan kutuk dari ramalan itu tersebut.
Dengan demikian, bohong besar kalau si-ahli ramal dikatakan bisa mengetahui kejadian apa yang terjadi di masa datang. Yang benar, si-ahli ramal akan menyusun skenario kejadian apa saja yang bakal dialami pasien (umumnya kejadian buruk), dan dengan pertolongan roh jahat, skenario ini akan diwujudkan ke alam nyata.

Menurut Harun, roh setiap pasien yang dengan sukarela berkonsultasi kepadanya, berada di dalam cengkeraman roh jahat yang bersemayam didalam diri Harun saat itu
“Roh pasien harus tunduk pada roh saya, apa pun yang saya perintahkan.
Misal: jika orang itu diramal akan bercerai, maka rohnya tunduk 100% dan dia pasti akan bercerai. Padahal, belum tentu pasien itu akan bercerai. Justru, roh yang ada di dalam diri saya yang menakdirkan dan merencanakan ini dan itu,”

Seorang tukang kwa-mia yang reputasinya semakin baik, berarti roh yang ada di dalam dirinya juga semakin berbahaya. Singkatnya, kutukan yang dialami pasien berasal dari tukang kwa-mia. Kutukan dijalankan oleh roh yang ada di dalam diri pasien.
Misal: jika ia dikutuk bahwa tahun depan perusahaannya akan mengalami kebangkrutan, meski ia sudah sangat berhati-hati dalam menjalankan perusahaan nya, tetap saja akan bangkrut karena rohnya sudah tunduk sepenuhnya kepada roh tukang kwa-mia.

Seorang Kristen yang mengunjungi tukang kwa-mia, juga akan mengalami hal yang sama. Ini karena orang itu melepaskan diri dari karunia Tuhan, tidak lagi tunduk kepada Tuhan tetapi tunduk kepada roh jahat. Dikatakan Harun, banyak juga di antara pasiennya yang beragama Kristen. Meramal nasib di tukang kwa-mia, berarti juga harus memberikan imbalan atau tumbal, yakni nyawa salah seorang anggota keluarga, “Di dunia ini tidak ada yang gratis, di alam roh (dunia Iblis pasti minta imbalan) juga demikian,” Ini sendiri juga dialami Harun, yang terpaksa kehilangan dua anaknya.

Kutuk keturunan tidak hanya ada dalam praktik ramalan nasib, tetapi juga shio dan horoskop. Kepercayaan terhadap lambang shio, memberikan dampak buruk dalam kehidupan. Sebabnya, shio adalah lambang binatang dan tidak ada binatang yang berwatak atau bernasib baik. Kelinci misalnya, melambangkan ketidak setiaan, naga artinya kesombongan, ular berarti licik, tikus merusak, kerbau melambangkan kebodohan dan pelbagai hal lainnya. Jika shio ini dipercayai, maka hidup juga akan diwarnai sifat dan sikap yang ada pada binatang tersebut. Ini sama dengan horoskop, yang juga mengambil sifat-sifat bintang. Jika mempercayai shio dan horoskop, berarti menyerahkan jiwa kepada Iblis dengan suka rela.

Bentuk dan praktek Okultisme
1. Tahayul
Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.
I Timotius 4:7
Tahayul yaitu rasa percaya yang bisa menimbulkan rasa takut pada sesuatu yang berasal dari kata orang. Sekalipun kita tidak mengerti darimana asal usulnya namun
hal itu cukup membuat kita takut dan kuatir untuk melanggarnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis takhayul.
 Takhayul yang bernapaskan pendidikan.
Contohnya: tidak boleh makan di depan pintu, kalau berjalan berdua dengan lawan jenis atau harus yang perempuan di depan dan laki-laki di belakang.
 Takhayul yang bernapas sejarah.
Contohnya: cerita Tangkuban Perahu, Malin Kundang, Nyi Roro Kidul atau
penghormatan kepada pahlawan yang berlebihan atau pengultusan.
 Takhayul yang bernapas mistik.
Contohnya: angka 13 sebagai angka sial, angka 4 adalah angka kematian bagi orang Jepang dan Cina, mendengar bunyi burung hantu sebagai tanda ada kematian, periuk pecah pada saat memasak (harus diruwat), atau adik perempuan menikah lebih dulu dari kakak perempuan.

Tahayul bila dipercayai maka akan menjadi kenyataan.
Sesuatu yang menimbulkan kepercayaan bahkan selanjutnya sampai menimbulkan ketakutan, maka apa yang ditakutkan itulah yang terjadi atau menjadi kenyataan.
Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku. Ayub 3:25
Angka 13 tidak bisa membuat orang menjadi sial tapi karena mempercayainya sehingga menimbulkan ketakutan maka mereka mulai memperkatakan apa yang ditakutinya dan perkataan tersebut merupakan perkataan kutuk atas diri mereka sendiri bahwa mereka sedang menempati rumah nomor 13 yaitu nomor sial, maka kemalangan akhirnya menimpa hidup mereka.

2. Spiritisme
Spiritisme adalah praktek okultisme yang didasarkan kepada keyakinan bahwa orang mati dapat berhubungan dengan orang hidup. Banyak orang terlibat dalam praktek okultisme jenis spiritisme.

Menurut Pondsius Takaliuang, spiritisme mempunyai beberapa bentuk.
1. Melalui benda-benda:
jailangkung, kuda kepang, kapur yang menulis sendiri, atau meja atau kursi atau pisau atau keris bisa berjalan sendiri tanpa ada yang menggerakkan.
2. Melalui bunyi-bunyian:
roh berbicara kepada manusia, laki-laki bersuara perempuan atau sebaliknya, atau roh diundang untuk berbicara melalui medium yang kesurupan (biasanya melalui tari-tarian atau musik adat).
3. Melalui dukun-dukun:
dukun memanggil roh-roh dan mereka akan menyatakan diri. Disetiap daerah, bahasa untuk memanggilnya berbeda-beda. Roh itu menyatakan diri secara langsung, sehingga roh itu dapat menyerupai orang-orang yang telah meninggal.

Mengapa Allah melarang berhubungan dengan arwah orang yang mati?
Sebagaimana awan lenyap dan melayang hilang, demikian juga orang yang turun ke dalam dunia orang mati tidak akan muncul kembali.
Ia tidak lagi kembali ke rumahnya, dan tidak dikenal lagi oleh tempat tinggalnya.
Ayub 7:9-10
Orang mati tidak bisa muncul kembali ke rumahnya. Lalu siapa yang muncul dan
berhubungan dengan orang yang hidup?
Mereka adalah roh-roh jahat yang menyamar dan menipu sebagai orang yang mati.
Orang mati memiliki dunianya sendiri, bila mereka mati didalam Kristus maka mereka akan berada di Firdaus seperti perkataan Tuhan Yesus kepada penjahat yang di salib itu. Tetapi mereka yang mati di luar Kristus maka mereka akan berada di Hades.

3. Ilmu Ramal
Engkau telah payah karena banyaknya nasihat! Biarlah tampil dan menyelamatkan engkau orang-orang yang meneliti segala penjuru langit, yang menilik bintang-bintang
dan yang pada setiap bulan baru memberitahukan apa yang akan terjadi atasmu!
Sesungguhnya, mereka sebagai jerami yang dibakar api; mereka tidak dapat melepaskan nyawanya dari kuasa nyala api; api itu bukan bara api untuk memanaskan diri, bukan api untuk berdiang!
Demikianlah faedahnya bagimu dari tukang-tukang jampi itu, yang telah kaurepotkan dari sejak kecilmu; masing-masing mereka terhuyung-huyung ke segala jurusan, tidak ada yang dapat menyelamatkan engkau. Yesaya 47:13-15

Meramal adalah praktek okultisme yang berusaha untuk mengetahui nasib manusia di masa depannya.
Contoh:
Astrologi atau Horoscope yaitu penafsiran nasib dan hari depan manusia yang
didasarkan kepada petunjuk dan letak bintang di langit. Ramalan dapat berupa kartu, garis tangan, bentuk wajah, jiamsi.

4. Ilmu Sihir [Magic]
Ilmu Sihir atau Magic disebut juga guna guna [santet], ilmu gaib, hipnotis, jampi jampi. Ilmu Sihir adalah ilmu yang bersangkut paut dengan perbuatan ajaib dan misterius yang dilakukan oleh dukun atau orang yang mempunyai kesaktian.

Jenis Ilmu Sihir dapat dibagi dalam kegunaannya:
Black Magic adalah sihir yang digunakan untuk merugikan atau mencelakakan orang lain.
White Magic adalah sihir yang digunakan untuk melindungi diri, keselamatan,
kekayaan, kesehatan, pangkat atau jabatan.

Ciri umum orang yang terlibat kuasa kegelapan
1. Ada suatu dorongan untuk tidak meyakini sepenuhnya bahwa Yesus adalah Juru Selamat (bersifat temporer).
Adanya suatu kesangsian yang besar terhadap firman Tuhan. Firman Tuhan bukan sebagai jaminan iman mereka, tetapi sebagai bahan spekulasi saja.
2. Ada dorongan untuk bunuh diri karena pikirannya tertekan (I Samuel 28; I Tawarikh 10-14; Matius 27:1-5),
hilangnya damai sejahtera, dikuasai kesedihan, kesepian, kekhawatiran tanpa alasan (Yohanes 16:33; Roma 16:20), ketakutan yang tidak normal -- takut dalam situasi yang sepi, takut melewati tempat-tempat keramat, takut melewati kuburan, takut dengan bunyi-bunyian yang aneh, takut dengan orang mati, bahkan takut dalam menghadapi kematian.
3. Adanya kemarahan yang tidak normal (Kejadian 4:4-8), kekacauan dalam hidup (II Tawarikh 33:3-6), kehidupan seks tidak normal: homo, lesbian, sodomi, berganti-ganti pasangan atau ada tendensi untuk menyeleweng dengan orang lain.

Bagi keturunan berikutnya (kutuk keturunan): keturunan mereka secara bergilir menderita cacat fisik atau mental, linglung, idiot, kemandulan, penyakit dan kematian sebelum waktunya.
Janganlah engkau sujud menyembah kepada allah mereka atau beribadah kepadanya, dan janganlah engkau meniru perbuatan mereka, tetapi haruslah engkau memusnahkan sama sekali patung-patung berhala buatan mereka, dan tugu-tugu berhala mereka haruslah kauremukkan sama sekali.
Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu. Tidak akan ada di negerimu perempuan yang keguguran atau mandul. Aku akan menggenapkan tahun umurmu. Keluaran 23:24-26

Hal yang penting bagi orang Kristen?
dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;
dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Matius 6:12-13
Penyelesaian atas masalah ikatan adalah selain mengakui setiap dosa atas praktek-praktek okultisme yang pernah dilakukan dan memutuskan setiap hubungannya dengan Iblis, dan kita juga harus mencabut hak Iblis atas hidup kita dan mengusirnya dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Untuk melepaskannya perlu ada keinginan yang kuat bagi orang itu untuk dilepaskankan karena Iblis tidak mau begitu saja melepaskannya. Bila sudah lepas bukan berarti Iblis tidak bisa datang lagi. Selain itu butuh seorang hamba Tuhan yang bisa menangani masalah tersebut.
Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.
Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, maka kita membuat Dia menjadi pendusta dan firman-Nya tidak ada di dalam kita. I Yohanes 1:9,10
Oleh: Ev. Liem Thin Ping

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar